Minggu, 05 Mei 2013

Posted by Dwi Syafaradis On 15.03
Ada anggapan bahwa hobi terhadap seni fotografi hanya untuk golongan tertentu. Tetapi fotografi bukan hanya untuk kalangan tertentu, fotografi adalah untuk semua kalangan. Nah, untuk itu saya mau kasih tips dasar fotografi bagi kalian yang masih pemula dan ingin menekuni seni fotografi ini. Cekidot:

1. Kamera
Dalam seni fotografi ini, kalian wajib memiliki kamera. Minimal kalian bisa pinjam kamera punya teman kalian. Saat ini beberapa perusahaan telah meluncurkan produk-produk yang sangat beragam, mulai dari kamera kelas bawah seperti Nikon D3000 hingga kelas atas seperti Nikon D90 atau Canon EOS 7D. Namun bagi anda yang belum mampu membeli kamera, seperti yang saya katakan tadi kalian bisa meminjam kamera punya teman. (Kamera yang saya pakai yaitu Canon EOS 1100D.)


2. Mengenal Teknik Dasar Fotografi
Ada beberapa teknik dasar fotografi yang harus anda ketahui dan anda kuasai. Beberapa teknik dasar tersebut adalah Depth of Field atau bisa juga disebut DOF, Silhouette, Backlight, Komposisi, Landscape, Macro. (Nanti akan saya terangkan di beberapa postingan berikutnya.)

3. Wawasan
Untuk mengikuti perkembangan teknik fotografi, ada baiknya anda selalu meng-update wawasan anda melalui majalah, pameran, serta komunitas fotografi seperti Instanusantara atau je[pret] Photowork.

4. Praktek
Anda bisa melakukannya dengan pergi Hunting ke objek-objek yang berbeda supaya tidak membosankan. Seperti bangunan/Architecture (gunakan teknik Komposisi), berburu Sunset/Sunrise atau sawah (Landscape), petani sebagai objek (Human Interest), dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar